Memanfaatkan Kondisi Geografis Demi Membangun Kubu Raya Lebih Maju

Kabupaten Kubu Raya merupakan salah satu daerah yang memiliki kondisi geografis daratan dan pulau-pulau. Jika kita lihat pada gambar peta disamping, tampak jelas bahwa Kabupaten Kubu Raya disebelah barat berbatasan langsung dengan laut dimana terdapat juga sungai-sungai yang membelah wilayah Kubu Raya menjadi beberapa bagian. Oleh karena itu, ada beberapa daerah kecamatan yang mengandalkan jalur air sebagai alat transportasi utamanya antara lain: Kecamatan Kubu, Kecamatan Terentang, Kecamatan Teluk Pakedai, dan Kecamatan Batu Ampar.

Sedangkan untuk kondisi iklim, Kubu Raya masuk dalam Iklim Tipe A (Schmit & Ferguson). Ini berarti iklim di wilayah Kabupaten Kubu Raya sangat basah dengan curah hujan bulanan diatas 100 mm dengan total curah hujan tahunan rata-rata berkisar 3000 mm. Suhu rata-rata maksimum 33,40 C, terjadi pada bulan mei dan suhu minimum rata-rata 22,50 C, terjadi pada bulan Agustus. Kondisi iklim seperti ini sangat menunjang pembangunan dibidang pertanian, perkebunan, dan peternakan.

Hutan Karet di Desa Empening Kecamatan Terentang

Selain itu, terkait dengan kondisi geografis wilayah Kubu Raya yang memiliki beberapa pulau-pulau besar maka seharusnya disini pihak Pemerintah Daerah dapat mengembangkan bidang perikanan dan pariwisata khususnya wisata bahari sebagai salah satu upaya memperkenalkan potensi alam Kabupaten Kubu Raya ke seluruh penjuru nusantara maupun dunia.

Keramba Ikan di Sungai Raya

Jadi kesimpulannya disini adalah jika dibandingkan dengan kabupaten-kabupaten di Kalimantan Barat lainnya, Kabupaten Kubu Raya memiliki beberapa kelebihan dari segi kondisi geografis. Sekarang tinggal bagaimana caranya kelebihan-kelebihan tersebut dapat diberdayakan secara optimal sehingga slogan Berlari Lebih Kencang Berproses Lebih Cepat dapat segera terwujud. Aminnn… (KR)

About these ads

About Administrator

Blog ini berisikan semua informasi mengenai potensi alam yang ada di Kubu Raya, sebuah kabupaten termuda di Kalimantan Barat

One thought on “Memanfaatkan Kondisi Geografis Demi Membangun Kubu Raya Lebih Maju

  1. Saya sangat sependapat dengan Anda, sebagai salah seorang rakyat Kubu Raya saya sangat bangga bisa tinggal disini. Memang kata orang tinggal di kota itu lebih enak dan nyaman, namun bagi saya justru di daerahlah peluang-peluang usaha masih bisa dikembangkan. Satu kata untuk Kubu Raya, MAJUUUU… :-)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s